IrfanWEB

Informasi, Teknologi dan Apa saja

Wafatnya Neil Armstrong

[Gambar - Neil Armstrong]
Siapa yang tidak kenal dengan Neil Armstrong?

Beliau dengan nama lengkap Neil A. Armstrong merupakan orang pertama yang menginjakkan kaki ke bulan pada misi Apollo 11 tahun 1969.
Namun sekaran kini ia telah meninggal dunia, dikarenakan komplikasi masalah kardiovaskuler.
Usianya telah mencapai 82 tahun.

Kata-kata Armstrong: “That is one small step for (a) man, one giant leap for mankind.” {artinya: “Itu merupakan satu langkah kecil bagi (seorang) manusia, satu lompatan raksasa bagi umat manusia.”} yang disampaikannya pada tanggal 20 Juli 1969. Pada saat itu ia menjadi orang pertama yang melangkahkan kaki di benda angkasa lain (di luar Bumi), sehingga membuat dirinya menjadi bagian dari sejarah.

Armstrong meninggalkan seorang istri, 2 anak, 1 anak tiri laki-laki, 1 anak tiri perempuan, 10 cucu, 1 saudara laki-laki dan 1 saudara perempuan.

“Neil Armstrong adalah seorang pahlawan yang bukan hanya pada masanya, tapi pahlawan sepanjang masa,” kata Presiden Barack Obama. “Terima kasih, Neil, untuk menunjukkan kepada kita kekuatan satu langkah kecil.”(terjemahan)

Keluarga Armstrong merilis pernyataan berikut pada hari Sabtu:

“Neil Armstrong juga pahlawan Amerika yang selalu percaya bahwa dia tidak hanya melakukan tugasnya. Ia mengabdi terhadap negaranya dengan bangga, sebagai pilot tempur, pilot uji coba, dan astronot. Di Ohio tempat asalnya, ia juga sukses dalam hal bisnis dan akademik, dan menjadi pemimpin komunitas di Cincinnati. (hanya saya tulis sebagian)

“Selama buku-buku sejarah ada, Neil Armstrong akan dimasukkan ke dalamnya, mengingat dirinya telah mengambil langkah pertama sebagai umat manusia yang menginjakkan kaki di luar dunia (bumi) kita sendiri,” kata NASA Administrator Charles Bolden.

“Selain menjadi salah satu penjelajah terbesar Amerika,” tambah Bolden, “Neil dengan kerendahan hatinya menjadi contoh bagi kita semua.”

Apollo 11 lunar module pilot dan rekan Armstrong, Buzz Aldrin mengatakan, “Atas nama keluarga Aldrin kami menyampaikan rasa belasungkawa kepada Carol & seluruh keluarga Armstrong atas wafatnya Beliau, Dia akan selalu dirindukan.” Apollo 11 command module pilot Michael Collins hanya mengatakan, “Dia adalah yang terbaik, dan saya akan sangat merindukannya.”

“Wafatnya Neil Armstrong membuat terkejut kami semua di Johnson Space Center,” kata Center Director Michael Coats. Semua orang di dunia tahu bahwa Neil merupakan orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan., tetapi bagi kami dia adalah rekan kerja, teman, dan juru bicara yang luar biasa bagi Human Space Program.

“Neil Armstrong adalah pemberi inspirasi bagi kita semua dalam kantor astronot,” kata Bob Behnken, Kepala Kantor Astronaut NASA “langkah bersejarahnya ke permukaan Bulan adalah dasar dari impian kami untuk menjadi astronot. Kami akan kehilangan dia sebagai teman, mentor, penjelajah dan duta besar untuk semangat Amerika. “

Neil A. Armstrong lahir 5 Agustus 1930, di Wapakoneta, Ohio. Meraih gelar teknik penerbangan dari Universitas Purdue dan master dalam teknik penerbangan dari University of Southern California.

Dia merupakan seorang penerbang pada tahun 1949-1952. Selama Perang Korea ia terbang untuk menjalani 78 misi tempur.

Pada tahun 1955 ia bergabung dengan National Advisory Committee for Aeronautics (NACA), pendahulunya NASA, sebagai pilot penelitian di Laboratorium Lewis di Cleveland.

Armstrong kemudian dipindahkan ke NACA’s High Speed Flight Research Station di Edwards AFB, Calif. Sebagai pilot uji coba, ia berada di garis depan perkembangan banyak pesawat berkecepatan tinggi, termasuk, X-15 yang terbang pada kecepatan 4.000 mph.

Ia telah menerbangkan lebih dari 200 model pesawat, termasuk jet dan roket bertenaga pesawat, helikopter dan pesawat layang.

Armstrong terpilih sebagai astronot pada tahun 1962.

Penerbangan ruang angkasa pertamanya adalah Gemini 8, yang ia pimpin. Dia adalah warga sipil pertama yang terbang pesawat ruang angkasa AS. Dengan rekan astronotnya David R. Scott, Armstrong melakukan docking pertama di luar angkasa, dengan satelit sasaran Agena.

Kurang dari satu jam kemudian, pesawat ruang angkasa mereka memulai gerakan bergulir yang tidak sesuai dengan rencana. Setelah undocking, kecepatannya meningkat menjadi satu revolusi per detik. Salah satu dari 16 pendorong Gemini terbuka karena adanya korsleting listrik.

Armstrong memasukkan kembali ‘pendorong’ untuk mengontrol kapsul, dan setelah 30 menit, menjadi stabil kembali. Penerbangan masih diperlukan untuk kembali ke Bumi setelah memasukkkan kembali pendorong, sehingga awak menembakkan retrorockets yang mengirim Gemini 8 ke zona pendaratan darurat di Pasifik Barat.

Apollo 11 lepas landas pada tanggal 16 Juli 1969, dengan Armstrong, Aldrin dan Collins Mike. Collins tetap di orbit bulan dalam command module, sementara Armstrong dan Aldrin turun dalam lunar module yang bernama Eagle untuk pendaratan bersejarah mereka di permukaan bulan.

[Gambar - Neil Armstrong di bulan]

Dia dan Aldrin menjelajahi sekitar dua jam, mengumpulkan lebih dari 50 pon batuan bulan dan melakukan tiga percobaan ilmiah. Keesokan harinya, setelah 21 jam dan 37 menit di bulan, mereka menembakkan mesin Eagle untuk kembali ke Collins dan command module.

Para kru kembali ke Bumi, mendarat di dekat USS Hornet di Pasifik setelah misi lebih dari delapan hari. Presiden Richard M. Nixon berada di dek kapal induk untuk menyambut mereka.

“Ini adalah minggu terbesar dalam sejarah dunia sejak penciptaan,” kata Nixon.

Setelah 16 hari di karantina (untuk melindungi Bumi terhadap bakteri dari bulan), para kru pergi tur ke AS dan internasional. Jutaan orang menyambut mereka sebagai pahlawan.

Armstrong kemudian menjabat sebagai administrator asosiasi wakil aeronautika di Kantor Advanced Research dan teknologi di Markas NASA. Dia mengundurkan diri dari lembaga ruang angkasa pada tahun 1971. Sebagai seorang profesor di University of Cincinnati 1971-1979, ia terlibat dalam kedua pengajaran dan penelitian.

Kemudian ia masuk ke dunia bisnis. Di antara posisi lain, ia menjabat selama 10 tahun sebagai ketua Technologies Computing untuk Aviation Inc dari Charlottesville, Va. dan kemudian sebagai ketua AIL Systems Inc, sebuah perusahaan sistem elektronik yang berbasis di Deer Park, NY.

Ia adalah anggota National Academy of Engineering. Ia menjabat sebagai anggota National Commission on Space pada tahun 1985 dan 1986, dan pada tahun 1985 ia menjabat sebagai wakil ketua Presidential Commission tentang Space Shuttle Challenger Accident. Dia juga adalah ketua Presidential Advisory Committee dalam Peace Corps pada tahun 1971-1973.

Armstrong mendapat bayak penghargaan, termasuk the Presidential Medal of Freedom, the Congressional Space Medal of Honor, NASA’s Ambassador of Exploration Award, the Explorers Club Medal, the Robert H. Goddard Memorial Trophy, the NASA Distinguished Service Medal, the Harmon International Aviation Trophy, the Royal Geographic Society’s Gold Medal, the Federation Aeronautique Internationale’s Gold Space Medal, the American Astronautical Society Flight Achievement Award, the Robert J. Collier Trophy, the AIAA Astronautics Award, the Octave Chanute Award, and the John J. Montgomery Award.


Semoga jasa-jasa Neil Armstrong bisa dijadikan teladan bagi generasi-generasi saat ini dan berikutnya . . .

Referensi

Post Widget

5 Komentar pada Wafatnya Neil Armstrong

  • oleh: Mr.o2n

    pada: 28 Agustus 2012, 04:53 WIB

    melalui: Opera Mini 7.0.29952 Opera Mini 7.0.29952 Android Android

    Turut berduka cita atas meninggal nya niel.
    bagaimnapun dia adalah pembuka jalan ke luar angkasa,meskipun ada tanggapan miring yang mengatakan itu hanya rekayasa.

  • oleh: Popi ...

    pada: 28 Agustus 2012, 12:28 WIB

    melalui: Google Chrome 21.0.1180.83 Google Chrome 21.0.1180.83 Windows XP Windows XP

    setelah baca di koran2 ttg kematiannya, saya baru tau kalo ternyata Neil selama ini masih hidup! Kupikir, dari jaman SMP-SMA dulu..(saat disuruh menghapal orang2 terkenal) Neil itu udah meninggal lama.

  • oleh: ndop

    pada: 30 Agustus 2012, 14:30 WIB

    melalui: Firefox 14.0.1 Firefox 14.0.1 Windows 7 Windows 7

    iya ya, aku pernah denger kalau itu rekayasa.. tapi terlepas dari berita simpang siu itu, semoga neil amsetrong tenang di sisiNya..

  • oleh: Nurlaila

    pada: 21 September 2012, 18:39 WIB

    melalui: Firefox 15.0.1 Firefox 15.0.1 Windows XP Windows XP

    saya turut berduka dan semoga diterima oleh Tuhan dan mendapatkan posisi yang layak

Tulis Komentar

Catatan:
  • tanda bintang * = wajib diisi
  • Email harus valid. Email tidak akan dipublikasikan.
  • Gunakan kata-kata yang sopan dalam berkomentar.

0 Komentar pada Wafatnya Neil Armstrong melalui Facebook